PENGERTIAN DEWASA

Definisi dewasa bisa amat bervariasi, tergantung dari sudut mana orang memandangnya dan kriteria penilaian nya.

Definisi Dewasa Menurut Saya:
  1. Dewasa menurut aliran Fiktor (fikiran kotor) kepanjangannya : Gede Dawa Terasa; maksudnya : tahu sendirilah.
  2. Dewasa menurut aliran Fiktif (fikiran Positif) kepanjangannya: Gede Dawa Perkasa; maksudnya : Gede (besar) kemauan, Dawa (panjang) akal/fikirannya, Perkasa sikap kemandiriannya.
 Di Amerika, dewasa berarti mandiri secara finansial, telah menyelesaikan pendidikanformal dan berkeluarga. Dari survei yang diadakan oleh NationalOpinion Research Center dari University of Chicago, rata-rataorang Amerika mencapai kedewasaan pada usia 26 tahun.Partisipan survei berjumlah 1.399 orang dengan usia di atas18 tahun. Mereka percaya bahwa proses kedewasaan dimulai padausia awal 20-an dan membutuhkan waktu lima tahun untuk bisadisebut dewasa secara formal.Hasil survei juga mengungkapkan bahwa proses pendewasaan akanmelalui tahapan sebagai berikut: Usia 20,9 tahun mulai membiayaidiri sendiri; 21,1 tahun tidak lagi tinggal sama orangtua; 21,2 tahunsudah punya pekerjaan tetap; 22,3 tahun selesai kuliah; 24,5menyokong keuangan berkeluarga; 25,7 tahun menikah; 26,2 tahunmempunyai anak pertama. Hampir semua responden setujumengenai ketujuh transisi yang harus dilalui untuk menuju kedewasaan. Namun ada perbedaan cukup besar pada tahapan menikah dan punya anak, yaitu :
  • Manusia adalah mahluk sosial yang eksploratif dan potensial. Dikatakan makhluk eksploratif karena manusia memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri baik secarafisik maupun psiki.
  • Manusia sebagai makhluk potensial karena pada diri manusia tersimpan sejumlah kemampuan bawaan yangdapat dikembangkan secara nyata. Selanjutnya 
  • Manusia juga disebut sebagai makhluk yang memiliki prinsip tanpa daya, karena untuk tumbuh dan berkembang secara normal manusia memerlukan bantuan dari luar dirinya. Bantuan yang dimaksud antara lain dalam bentuk bimbingan dan pengarahan dari lingkungannya .
Bimbingan dan pengarahan yang diberikan dalam membantu perkembangan tersebut pada hakekatnya diharapkan sejalan dengan kebutuhan manusia itu sendiri,yang sudah tersimpan seagai potensi bawaannya .Karena itu bimbingan yang tidak searah dengan potensi yang dimiliki akan berdampak negatif bagi perkembangan manusia.Umur dewasa ketika mencapai angka yang aman adalah sekitar umur 26 tahun, sehingga ketika umur mencapai 20 tahunmaka akan terlihat perubahan pola berpikir namun pola berpikir dalam tahap ini masih labil. Karena pada umur antara 20-25 tahun merupakan masa transisi antara remaja akhir menuju dewasa awal.

Adapun ciri-ciri kedewasaan adalah sebagai berikut:
 Menghargai orang lain
 Sabar
 Penuh daya tahan
 Sanggup mengambil keputusan
 Menyenangi pekerjaan
 Menerima tanggung jawab
 Percaya pada diri sendiri
 Memiliki rasa humor
 Memiliki kepribadian yang utuh
 Seimbang